Materi Pembahasan RPP Silabus Kurikulum 2013 SD SMP SMA/SMK yang wajib di ketahui setiap Pendidik


Kurikulum 2013 atau yang kita sebut dengan K-13 ini adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan di seluruh Indonesia. Kurikulum yang satu ini adalah kurikulum harus diterapkan sama pemerintah guna untuk menggantikan Kurikulum 2006 atau KTSP (yng sering disebut sebagai Kurikulum Tgkat 1an Pddkan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun blakangan. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan.


Silabus & (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah merupakan bagian penting dari perangkat pembelajaran yg wajib dimiliki guru pengajar. Keduanya bersama-sama dengan komponen perangkat pembelajaran yang lainnya berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Pada thn pelajaran 2018, tepat nya kurang lebih sekitar tengahan tahun dua ribu tiga belas, Kurikulum 2013 diimpelemen tasikan secara terbatas pd tiap sekolah perintis, yaitu pada kelas 1 dan 4 untuk tingkat SD, kelas 7 buat SMP, dan kelas 9 untuk tingkat SMA/SMK, sedang kan pd tahun 2014, Kurikulum 2013 sdh diterapkan di Kelas 1, 2, 4, dan 5 sedang kan untuk SMP Kelas 7 dan 8 & SMA Kelas 9 dan 10. Jumlah sekolah yg jadi sekolah perintis ialah sekitar 6 326 sekolah yang berada di seluruh provinsi di negara Indonesia.

Kurikulum 2013 mempunyai empat aspek subyek pembijian, yaitu aspek pengetahuan,  dan aspek keterampilan, dan aspek sikap, dan aspek perilaku. Di dlm Kurikulum 2013, yang utamanya di dalam materi-materi pembelajaran terdapat beberapa materi yang di ramping kan & materi yang ditambah kan. Materi yg diramping kan sangat terlihat di materi Bahasa Indo, IPS, PPKn, dan seterusnya., dan sedangkan materi yg ditambahkan ialah materi Matematika dan IPA.

Dengan demikian, perangkat pembelajaran dapat diartikan sebagai sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan sesuatu yang terpola dan sistematis, sehingga memerlukan pedoman untuk menjalankannya.

Materi prangkat pembelajaran ini terutama pada Matematika dan IPA di sesuaikan dgn materi prangkat pembelajaran standar Internasional sehingga pemerintah sangat berharap dapat menyeimbang kan pendidikan di dalam negerimaupun di luar negeri.

Perangkat pembelajaran dibuat untuk memberikan panduan kepada guru tentang apa yang harus dilakukan di kelas dan sebagai pedoman dalam mengembangkan teknik pembelajaran.  Guru diharapkan untuk dapat  senantiasa melakukan atau melakukan pengembangan potensi perangkat pembelajaran yang sudah di tetapkan yakni kurikulun 2013, sesuai dengan tuntutan pada tiap tiap perubahan kurikulum.

0 Response to "Materi Pembahasan RPP Silabus Kurikulum 2013 SD SMP SMA/SMK yang wajib di ketahui setiap Pendidik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel